SELAMAT DATANG!

selamat datang di : indro-arsitek-rumah.blogspot.com

Selasa, 01 November 2011

IMPRESI VISUAL-living in the air

Sepasang suami-istri yang tinggal di Cilacap menelepon saya saat saya masih dalam perjalanan pulang ke rumah. Mereka baru beberapa hari yang lalu berjalan-jalan dan mendapati sebuah rumah yang agak aneh menurutnya. Mereka singgah, berkenalan, dan bahkan dipersilahkan melihat-lihat ke dalam. Tuan rumah dari rumah aneh yang memang saya kenal ramah dan baik itu lalu memberikan nomor telepon saya.

Pasangan suami-istri dari Cilacap yang kebetulan merencanakan pindah ke Jakarta itu memang berkeinginan membongkar dan membangun rumah lamanya yang ada di Jakarta. Setelah beberapa kali melakukan pembicaraan via telepon, kami bertemu di rumah lain yang kebetulan juga baru saja selesai saya tangani. Di tempat itu kami berdiskusi mengenai keinginannya membangun rumah split level. Wooowww.....

Tidak berhenti sampai di situ, karena pasangan suami-istri itu bahkan mengungkapkan keinginannya untuk living in  the air.  Mereka menginginkan kegiatan sehari-harinya menempati ruang di lantai atas. Ruang keluarga, ruang makan, dan dapur serta dapur bersih tidak landed di tanah. Saya memperkirakan ruang-ruang yang terdapat di bawah ruang-ruang living itu adalah garasi, ruang asisten, ruang cuci-seterika, gudang dll.

Posisi ketinggian ruang-ruang living itu saya usulkan untuk berada di ketinggian 11/2 (jadi bukan di lantai 2) supaya tidak terlalu tinggi, apabila sewaktu-waktu ingin turun ke halaman. Di samping itu posisi demikian  pasti akan memicu dan memberikan snow ball effect untuk terjadinya ruang-ruang split level yang lain.







Di bagian depan adalah ruang tamu yang ditinggikan 120cm dari jalan karena alasan banjir.Di bagian belakang dengan            orientasi ke belakang dan ke dalam baru dirasakan nikmatnya living in the air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar